SMAN 1 TAMBAKBOYO

Jl. Raya Sobontoro - Tambakboyo - Tuban

Baca, Pahami, Lakukan, Sukses

Ada Perekaman e-KTP di SMATA

Sabtu, 27 Oktober 2018 ~ Oleh opsmata ~ Dilihat 380 Kali

Tambakboyo - SMAN 1Tambakboyo merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang aktif melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya, pada Sabtu, 27 Oktober 2018, lembaga pendidikan yang dikepalai oleh Bapak Drs. NURYONO, M.Si. ini bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban untuk melaksanakan kegiatan perekaman e-KTP.

Adapun syarat-syarat untuk melakukan perekaman e-KTP diantaranya membawa fotokopi Kartu Keluarga yang telah diupdate, formulir e-KTP yang diperoleh dari desa, kecamatan, atau langsung dari Dukcapil. Selain itu, hanya siswa yang telah berumur 17 tahun yang bisa mengikuti perekaman e-KTP. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah dikarenakan adanya program “Jemput Bola” Dukcapil yaitu mendatangi masyarakat untuk melakukan perekaman data kependudukan.

Kegiatan yang dikoordinatori oleh Bapak Abdul Muid, M.Pd. dan Bapak Bambang Siswa Utama, S.Pd. ini berlangsung di SMA Negeri 1 Tambakboyo tepatnya di ruang perpustakaan pukul 10.15-15.10 WIB. Terdapat empat orang petugas Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil yakni Bapak Doni, Bapak Budi, Bapak Tiar, Bapak Sandi dan Bapak Febri yang siap membantu perekaman e-KTP di SMATA. Adapun siswa SMA Negeri 1 Tambakboyo yang memenuhi syarat untuk melakukan perekaman terdapat 110 siswa. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan tertib. Terbukti dari awal sampai akhir acara semua siswa mengantri untuk memperoleh giliran masing-masing.

E-KTP  sendiri merupakan produk Kementerian Dalam Negeri yang berfungsi sebagai kartu pengenal yang diberlakukan secara nasional dengan standar elektronik. Progam  E-KTP ini telah resmi diluncurkan Kementerian Dalam Negeri pada Bulan Februari 2011. Tujuan perekaman e-KTP adalah untuk identitas kependudukan dan mencegah adanya identitas ganda.

"Dengan adanya progam "Jemput Bola" seperti ini diharapkan agar proses pembuatan E-KTP lebih cepat dengan data-data yang sudah siap sehingga lebih mudah pembuatannya. Selain mempermudah perekaman e-KTP, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memastikan agar remaja yang berusia 17 tahun sudah mempunyai kartu identitas semua” tegas Bapak Doni Andriawan Pratama, salah satu pegawai Dukcapil di bidang foto e-KTP yang ditemui diakhir kegiatan perekaman e-KTP oleh tim jurnalis SMATA.

Berita Pengumuman Sekilas Info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT