SMAN 1 TAMBAKBOYO

Jl. Raya Sobontoro - Tambakboyo - Tuban

Baca, Pahami, Lakukan, Sukses

Workshop e-Raport Meningkatkan Kualitas Guru SMATA dalam Penilaian

Sabtu, 13 Oktober 2018 ~ Oleh opsmata ~ Dilihat 1226 Kali

Tambakboyo – Sabtu, 13 Oktober 2018,  SMA Negeri 1 Tambakboyo mengadakan Workshop Peningkatan Guru dalam Mengisi e-Raport. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh Bapak Kepala SMAN 1 Tambakboyo, Drs. Nuryono, M.Si., dilanjutkan panduan workshop oleh Bapak Drs. Mambaul Musofa, selaku pengawas Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Tuban.  Kegiatan yang bertempat di ruang Laboratorium Fisika SMAN 1 Tambakboyo tersebut  diikuti oleh Bapak dan Ibu guru SMAN 1 Tambakboyo yang berjumlah 37 orang.

Dengan adanya workshop ini diharapkan bapak/ibu guru SMAN 1 Tambakboyo dapat memberikan penilaian terhadap siswa secara akurat yang kemudian harus dimasukkan ke dalam aplikasi e-rapot. Hal tersebut merupakan tuntutan dari penerapan Kurikulum 13, di mana penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap siswa beraneka ragam. Mulai dari penilaian Sikap Spiritual, Sosial, Penilaian Pengetahuan serta Penilaian Keterampilan. Semua penilaian tersebut harus tercermin secara nyata dalam diri siswa melalui indikator-indikator yang sudah ditentukan.

Sebagai pembuka materi, Bapak Mambaul Musofa memberikan tiga soal berkaitan dengan penilaian yang dibagikan kepada seluruh peserta workshop sebagai pre test. Dari jawaban soal-soal tersebut, kemudian materi tentang penilaian terhadap siswa dijelaskan oleh pemateri. Beliau juga menyinggung bahwa  dalam penilaian sikap sosial khususnya, untuk memudahkan bapak/Ibu guru dalam memberikan penilaian, maka cukup ditulis perilaku yang menonjol dari diri siswa baik itu positif atau negatif, sedangkan yang lain dianggap baik secara keseluruhan.

Selain itu, peserta workshop juga dibagi menjadi beberapa  kelompok sesuai dengan guru bidang studi. Dalam diskusi kelompok ini, Bapak/Ibu guru bersama-sama menentukan IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) dari KD (Kompetensi Dasar) tertentu. Kemudian dari sini ditentukan kegiatan dan metode pembelajarannya serta tagihan apa yang digunakan untuk mengukur indikator yang telah di tetapkan sebelumnya. Oleh karena itu, bapak/Ibu guru harus mengggunakan Kata Kerja Operional (KKO) dalam Taksonomi Bloom yang tepat agar indikator bisa diukur dengan penilaian.

Akhirnya, setelah diskusi kelompok selesai. Pemateri menyimpulkan hasil diskusi kelompok. Selanjutnya, acara Workshop di tutup dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Musta’in, S.Pd.I. RM*

Berita Pengumuman Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT