SMAN 1 TAMBAKBOYO

Jl. Raya Sobontoro - Tambakboyo - Tuban

Baca, Pahami, Lakukan, Sukses

Donor Darah sebagai Rutinitas kegiatan Sosial SMATA

Jum'at, 10 Januari 2020 ~ Oleh opsmata ~ Dilihat 265 Kali

TAMBAKBOYO – Di awal tahun 2020 ini, SMA Negeri 1 Tambakboyo mengadakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Unit Donor Darah Kabupaten Tuban. Kegiatan ini merupakan program 3 bulan sekali dan kali ini merupakan yang ke-4 kalinya. Dilaksanakan hari Kamis, 9 Januari 2020 agenda rutin ini bertempat di ruang multimedia SMA Negeri 1 Tambakboyo.

Kegiatan yang mengusung tema "Share Your Blood, Share Your Care" dengan motto "Satu Tetes Darah Anda Seribu Nyawa bagi Mereka" ini berlangsung mulai pukul 8.30 WIB.  Sebagai pembuka, pendonor pertama diprakarsai oleh Bapak Kepala SMAN 1 Tambakboyo, Drs. NURYONO, M.Si. Setelah itu, dilanjutkan oleh Bapak/Ibu guru dan siswa SMAN 1 Tambakboyo.

Kegiatan donor darah ini di bantu oleh petugas dari UTTPPI Kab.Tuban, yang kali ini membawa tiga petugas yakni ibu Nur Afriyani sebagai petugas pemeriksa HB (himoglobin), serta ibu Elsa Aprilia Suryaningtyas dan Bapak Agus Aryunadi yang bertugas di bagian pemeriksaan tensi dan pengambilan darah.

Ditemui diakhir kegiatan oleh tim Jurnalis SMATA, ibu Nur Afriyani menjelaskan bagaimana tahapan seleksi pemeriksaan bagi calon pendonor darah. Beliau menjelaskan bahwa seseorang bisa mendonorkan darahnya minimal di usia 17 tahun. Sebelum pengambilan darah calon pendonor harus mengecek berat badan, hemoglobin dan tekanan darah. Untuk berat badan yang diperbolehkan adalah dengan minimal 50 kg, dan untuk hemoglobin adalah min 12,5 dan maksimal 17, serta untuk tekanan darah adalah diastol 100-160 dan distor 60-100. Apabila orang tersebut telah memenuhi syarat, maka sudah layak untuk mendonorkan darahnya.

Setelah pengambilan darah, kemudian darah yang telah didapat akan melalui tahap screening baru kemudian masuk BDRS PMI yang kemudian disumbangkan bagi para pasien yang membutuhkan donor darah itu.

Dalam kegiatan donor darah yang ke-4 ini SMA Negeri 1 berhasil menyumbangkan dua puluh sembilan kantong darah yang berasal dari Bpk/ibu guru serta siswa.

Semoga melalui kegiatan ini,  SMA Negeri 1 Tambakboyo semakin  menjadi bagian dari instansi pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT