SMAN 1 TAMBAKBOYO

Jl. Raya Sobontoro - Tambakboyo - Tuban

Baca, Pahami, Lakukan, Sukses

Lagi, Aksi Donor Darah SMATA Bentuk Kepedulian Anak Negeri

Sabtu, 16 Maret 2019 ~ Oleh opsmata ~ Dilihat 376 Kali

TAMBAKBOYO~ Sabtu 16 Maret 2019, SMAN 1 Tambakboyo kembali melakukan kerjasama dengan UDD (Unit Donor Darah) PMI Kabupaten Tuban untuk melakukan aksi donor darah. Kegiatan yang berlangsung di ruang laboratorium Fisika SMA Negeri 1 Tambakboyo ini merupakan aksi donor darah kedua kalinya setelah yang pertama pernah dilaksanakan pada Bulan November tahun lalu.

Kegiatan yang mengusung tema "Satu Tetes Darah Anda Seribu Nyawa Bagi Mereka" ini dimulai pukul 09.00 yang diprakarsai oleh Bapak Kepala SMAN 1  Tambakboyo, Drs. NURYONO, M.Si. sebagai pendonor pertama. Setelah itu, dilanjutkan oleh Bapak/Ibu guru dan siswa SMAN 1 Tambakboyo. Sementara itu, dari Lembaga UDD (Unit Donor Darah) PMI Kab. Tuban sendiri mengirimkan tiga petugas  yakni Bu Helvi,  Pak Agus, dan Pak Novi.

Ditemui oleh tim jurnalis SMATA setelah aksi donor usai, Bu Helvi menyatakan bahwa donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela dan diberikan kepada yang membutuhkan. Beliau juga mengatakan bahwa seseorang hanya bisa mendonorkan darahnya jika berusia minimal 17 tahun, juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu sebelum melakukan donor darah. Syarat bagi pendonor diantaranya, tidak hamil, tidak menstruasi, berat badan minimal 50 kg, sehat tidak ada keluhan (pusing, batuk, pilek), hemoglobin minimal 12,5 maksimal 17, dan tensi darah normal.

Beliau juga menambahkan bahwa darah yang didonorkan tersebut tidak langsung diberikan pada pasien, melainkan harus di screening terlebih dahulu. Jika darah telah dinyatakan lolos uji screening, baru dapat disalurkan pada pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit.

Selain itu, untuk menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan SMAN 1Tambakboyo, UDD (Unit Donor Darah ) Kabupaten Tuban memberikan fasilitas kartu donor bagi kelas XII agar ketika telah terjun di masyarakat mereka tetap dapat melakukan donor darah sebagai wujud kepeduliannya terhadap sesama.

Terakhir, semoga dengan dilaksanakan kegiatan donor darah yang kedua ini semakin menunjukkan eksistensi SMAN 1 Tambakboyo dalam berpartisipasi menyelamatkan anak negeri.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT